Cara Membuat Website Cepat Index Dari Kursus SEO

Kursus Seo – Ketika Anda sedang membangun sebuah website, namun dalam prosesnya Anda tidak menjumpai pengindexan dari google. Maka kami rasa ada yang salah dalam hal ini. website atau situs yang tidak ada dalam pencarian, akan membuat orang tidak menemukan sama sekali.

Namun Anda jangan panik atau cemas, karena ini masih dapat Anda atasi. Untuk melakukan hal tersebut ada beberapa cara yang dapat Anda kerjakan. Dengan mengikuti kursus SEO disini, Anda akan mengetahui cara membuat website cepat index.

Tapi sebelum Anda masuk kedalam inti pembahasan artikel ini, adabaiknya membaca ulasan tentang apa yang dimaksud dengan index google dan cara memasukan situs untuk di index. Meski tidak panjang, namun dapat memberikan pengetahuan baru untuk Anda.

Bahkan Anda akan semakin optimis untuk meningkatkan kemajuan website atau situs yang belum mendapatkan index dari google.

Apa yang dimaksud index Google?

Google Index sebuah info tentang database yang isinya dalah halaman-halaman dari situs yang dikumpulkan oleh google. Dimana, Google akan menampilkan hasil pencarian kepada pengguna internet.

Basis data diperoleh dari hasil proses penjelajahan dan pengindexan Google. Index dan perayapan memungkinkan Google untuk menemukan halaman situs baru di internet dengan menggunakan teknologi yang spider dan ini kadang disebut dengan nama Googlebot.

Mengapa situs Anda harus dimasukkan dalam index Google?

Jika Anda ingin situs muncul di hasil pencarian Google, maka wajib masuk ke index Google syaratnya. Ketika situs Anda sudah index, berarti Google memahami bahwa situs Anda ada. Tetapi, ini tidak berarti jika Google dengan cepat memberi peringkat dalam pencarian yang relevan.

Kkarena index dan peringkat google tidak sama. Peringkat situs akan terkait dengan SEO atau optimisasi mesin pencari. Meskipun Anda harus terlebih dahulu memasukkan index sebelum dapat bersaing dalam peringkat pencarian.

Dengan demikian, kita dapat mengatakan jika situs Anda tidak termasuk dalam index Google, maka tidak bisa masuk ke peringkat Google.

Cara memasukkan situs ke dalam index Google

Apakah situs Anda sudah terdaftar ke index Google? Jika tidak, jangan panic. karena kami akan memberikan panduan sederhana untuk memasukkan situs Anda ke dalam index Google.

  1. Menambahkan situs ke Google Search Console

Agar situs Anda dimasukkan dalam index Google, Anda harus menambahkannya terlebih dahulu ke Google Search Console. Tools ini gratis dan bisa difungsikan untuk melacak kinerja situs.

Fungsi dari Google Search Console untuk proses pengindexan adalah bisa melihat seberapa sering Googlebot merayapi situs Anda, menyisipkan sitemap,  dan memperbaiki kesalahan perayapan.

  1. Membuat sitemap

Agar membantu Googlebot memahami konten situs Anda, maka kursus seo wajib membuat sitemap XML. Ini merupakan daftar halaman untuk mesin pencari, sehingga situs Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Dimana akan memengaruhi situs Anda untuk di index lebih cepat.

Anda juga tidak hanya bisa menggunakan sitemap XML, namun bisa dengan sitemap HTML. Tetapi ini tidak seperti sitemap XML yang dirancang untuk mesin pencari, lebih tepatnya sitemap HTML dirancang untuk pengunjung masuk ke situs.

Sitemap HTML tidak langsung mempengaruhi index Google, namun kami sarankan Anda tetap membuatnya. Hal ini disebabkan sitemap HTML punya fungsi untuk transisi pengunjung ke berbagai halaman situs Anda. Dengan begitu, mereka akan tahu halaman kategori atau halaman kontak yang sedang dibuka.

  1. Membuat Robots.txt

Selain membuat sitemaps, Anda juga harus menggunakan Robots.txt. dimana ini akan berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman yang akan diindex dan halaman yang tidak perlu membutuhkan pengindexan.

Dalam kondisi tertentu, pasti selalu ada halaman yang tidak perlu dimasukkan index. Contoh pada situs Anda yang memiliki konten duplikat. Memiliki konten duplikat ini dapat menyebabkan Google menghapus situs Anda dari index. Karena itu, jika ada konten duplikat, Anda tidak perlu memasukkan index Google.

Memblokir Googlebots melakukan index halaman yang tidak penting dapat memiliki beberapa keuntungan. Dimana Anda dapat mengurangi beban situs dan mempercepat proses index yang lebih akurat.

  1. Membuat konten berkualitas

Meskipun situs Anda belum diindex oleh Google, ini tidak berarti Anda tidak dapat mempublikasikan konten sama sekali. Sebagai gantinya, Anda harus mulai menerbitkan konten untuk membantu situs Anda lebih cepat dalam index Google.

Tetapi ingat, pastikan tidak membuat konten secara asal. Anda wajib konsisten dalam membuat konten berkualitas. Ini akan memberi sinyal kepada Google bahwa situs Anda menyediakan beragam informasi segar dan relevan untuk pengunjung.

Konten berkualitas tinggi dapat memungkinkan Googlebot menjelajah situs Anda lebih sering karena konten Anda cocok dengan apa yang dicari orang. Semua situs jenis apapun wajib memiliki konten. Baik itu toko online, blog,  atau situs perusahaan.

  1. Memperluas link internal

Anda disini juga tidak hanya dituntut untuk menyajikan konten berkualitas. Namun Anda juga harus menautkan satu konten ke konten lain melalui tautan internal situs Anda.

Link internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya dari situs sama. Ini memiliki tujuan bagus, dimana akan membantu Googlebot memahami konteks dan hubungan antar halaman konten satu dengan yang lainnya di situs Anda.

Pastikan dengan baik jika Anda tidak meletakan link internal disembarang tempat dan tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya. Karena hal tersebut dapat membuat Googlebot sulit mendeteksi konteks situs Anda dan tidak dapat membaca mana yang relevan dari satu ke yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *